Desa Kota Sungai Penuh Bakal Pilkades Serentak Oktober 2019

oleh -423 views

Sungai penuh – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kota sungai penuh di perkirakan akan di laksanakan awal bulan oktober mendatang 05/07/2019.

Hal itu diungkapkan Zaini Kabid Pemdes kota sungai penuh jum’at (05/07) pukul 10:00 Wib di ruangan kerjanya tentang agenda pemdes tahun 2019.

“Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak kota sungai penuh akan dilaksanakan bilamana tidak ada halangan awal oktober mendatang” sebutnya.

Ia juga menyampaikan bahwa di bulan yang sama juga dilaksanakan musyawarah pemilihan BPD di tingkat desa masing – masing.

“Di bulan yang sama tidak hanya bakal dilaksanakan Pilkades, juga dilaksanakan musyawarah di tingkat desa untuk pemilihan BPD oleh desa masing – masing” ungkap zaini sambil menyebutkan nama – nama desa yang bakal diakan pemilihan kepala desa perkecamatan.

Di kecamatan Hamparan rawang desa Simpang tiga rawang, Koto Teluk, Dusun Diilir, Koto Dian, Kampung Dalam, Paling Serumpun, Cempaka, Tanjung, Kampung Diilir,

Kecamatan Tanah Kampung Desa Baru Debai, Pendung Hiang, Koto Pudung, Koto Tuo, Koto Tengah, Tanjung Karang.

Kecamatan Pesisir Bukit Desa Koto Keras, Koto Bento, Koto Tenggah, Koto Dua, Sungai Liuk, Seberang, Sumur Gedang.

Kecamatan Koto baru Desa Koto Limau Manis, Kampung Tengah, Sri Menanti, Permai Indah.

Kecamatan Sungai Bungkal desa Sumur Anyir, Sungai Ning, Koto Tinggi, Talang Lindung, Pelayang Raya.

Kecamatan Pondok Tinggi Desa Sungai Jernih, Aur Duri, Karya Bakti, Koto Lebu, Lawang Agung.

Kecamatan Kumun Debai Desa Kumun Mudik, Air Teluh, Kumun Hilir, Ulu Air, Renah Kayu Embun, Sandaran Galeh, Debai, Pinggir Air “ Jelasnya.

Selain itu zaini kabid pemdes kota sungai penuh juga menerangkan tentang dua desa yang tidak ikut pemilihan serentak dan undang – undang yang mengatur tentang desa, dua desa itu akan melaksanakan pilkades pada 2020 mendatang.

“ Dua desa tersebut adalah desa Koto renah kecamatan pesisir bukit dan desa tanjung muda kecamatan hamparan rawan itu paling lambat akan dilaksanakan pilkades nya bulan april 2020 mendatang” katanya

Lanjut zaini, pilkades tidak dibenarkan melawan kotak kosong, minimal calon kades 2 orang dan maksimal 5 orang calon, sesui dengan aturan permendagi dan perwako.

“Dalam pemilihan kades tidak dibenarkan melawan kotak kosong, minimal calon kades 2 orang dan maksimal 5 orang calon, biulaman lebih dari 5 calon, maka diadakan musyawarah desa, dan juga calon kedes boleh dari desa lain, akan tetapi calon kades tersebut tidak punya hak suara atau tidak masuk dalam DPT” pungkas zaini kabid pemdes kota sungai penuh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *